Melakukan Investasi Real Estate Secara Cermat

Cara Melakukan Investasi di Real Estate dengan Cermat

Rumah yang dulu dibangun orang tua anda dengan nominal sekian, apakah nilai jualnya saat ini sama? Tentu saja tidak nilai jual akan semakin naik bahkan bisa dua kali lipat. Semacam inilah investasi di real estate. Pada dasarnya, investasi real estate yakni berhubungan dengan barang properti. Melakukan investasi di bidang ini bisa ada 2 macam yakni dengan asset langsung atau tak langsung. Asset langsung seperti misalnya rumah, gedung, dsb. Sementara untuk asset tidak langsung seperti misalnya saham pada perusahaan properti. Melakukan bisnis real estate ini jika anda pandai dalam memilih tempat usaha maka akan minim resiko karena kebanyakan gedung-gedung akan dijual dengan harga yang lebih mahal jika sudah berganti tahun. Hal ini dipengaruhi dengan inflasi yang mana jika keadaan ekonomi Indonesia menajam inflasinya maka bisa saja kenaikan properti juga turut terjadi.

investasi di real estate

Agak beresiko jika melakukan investasi di real estate jika anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Penipuan bisa anda jumpai di bidang investasi ini. Seperti misalnya agen properti yang illegal yang mana bisa membawa uang anda kabur jika anda mempercayakannya. Tentu saja hal ini terjadi pada sedikit dari orang-orang yang berkecimpung di bisnis ini. Jika anda memiliki partner bisnis yang professional maka hal ini tidak akan terjadi.

Berikut ini merupakan cara melakukan investasi di real estate dengan aman dan menguntungkan :

  1. Lihatlah kondisi pasar

Melihat kondisi pasar/ riset pasar adalah kegiatan pertama yang harus dilakukan jika ingin melakukan sebuah investasi di bidang real estate. Anda harus pandai melihat kondisi pasar yang sesungguhnya dan dengan melihat keuntungan yang mungkin di dapatkan jika melakukan investasi di tempat tersebut. Anda juga bisa melihat selera pasar. Untuk tahun ke depannya apakah jenis bangunan yang akan paling banyak dibeli atau yang mendatangkan keuntungan.

  1. Pengembalian dana/ keuntungan

Jika anda ingin berinvestasi selalu perhatikan keuntungan yang akan anda dapatkan. Alangkah baiknya keuntungan yang di dapat bisa dalam uang tunai yang mana menghindari kesalahan internal dan juga jangka pengembalian modal, semakin cepat semakin baik.

  1. Lokasi

Sangat penting untuk mengetahui lokasi strategis untuk membeli sebuah bangunan. Jangan terpaku pada keramaian, siapa tahu yang sepi malah akan ramai dan berkebalikan. Maksudnya lokasi terpencil sekalipun akan bisa ramai kedepannya, anda harus bisa melihat peluang itu dan jangan hanya ikut-ikutan pasar.

investasi di real estate

Tiga hal itulah yang bisa dijadikan dasar jika anda ingin memulai investasi di real estate. Jangan sampai apa yang anda lakukan justru membawa kerugian akibat anda yang kurang cermat melihat kondisi pasar. Sebaiknya belajarlah dulu pada teman yang sudah ahli dalam bidang ini sehingga mendapatkan pengarahan yang lebih akurat serta bantuan untuk melakukan riset pasar.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda

Rating Post Review
  • Rating This Post
5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
DMCA.com Protection Status Ⓒ 2015 - 2018 Herisetiabudi.com