Tengok Ide Bisnis UMKM Yang Kaya Ragam Ini

Mulai membuka usaha bukan hanya persoalan orang yang memiliki modal besar saja, melainkan orang yang memiliki modal kecil dan skala bisnis terbatas juga bisa menjadi sukses dalam berbisnis. Saya akan membahas mengenai ide bisnis UMKM yang dapat menjadi inspirasi bagi anda dalam mulai berbisnis. Telah banyak kita dengar orang yang memulai usahanya dari skala mikro sekarang telah menjadi sukses dan memiliki usaha dalam skala makro. Di Indonesia sendiri, mayoritas masyarakatnya memiliki penghasilan menengah kebawah sehingga bisnis berskala mikro merupakan bisnis yang paling banyak digeluti oleh masyarakat karena minimnya modal. Hal yang menarik bahwa ternyata penghasilan terbesar di Indonesia diberikan oleh usaha mikro (lebih dari 50%) sehingga perlu adanya perhatian lebih dari semua pihak termasuk pemerintah untuk mengembangkan bisnis ini. Nah banyak pengusaha skala mikro yang terkadang bingung memilih bidang usaha apa yang dapat digeluti, disini saya akan memberikan beberapa ide bisnis UMKM yang sederhana namun memiliki potensi untuk memberikan keuntungan yang besar.

  1. Bisnis dibidang kebutuhan dasar

Kebutuhan dasar merupakan kebutuhan yang selalu harus dipenuhi oleh manusia setiap harinya selama ia hidup. Kebutuhan dasar ini mencakup tiga hal yaitu pangan, sandang, dan papan. Agar usaha UMKM memiliki pelanggan tetap dan bisnis yang stabil, usaha di kebutuhan dasar menjadi salah satu solusinya. Bisnis di bidang pangan atau makanan dapat meliputi bisnis makanan ringan maupun bisnis makanan berat/utama. Strategi dalam bisnis pangan yang utama adalah inovasi rasa, bentuk, dan pengemasan yang menarik. Pengusaha tidak harus membuat makanan dari awal, melainkan dapat pula mengolah makanan yang sudah ada dalam bentuk yang menarik. Salah satu contoh sukses bisnis makanan ringan yang dapat kita contoh adalah keripik pisang Zanana, bisnis ini digeluti oleh pemuda kreatif Zana yang berawal dari hal sederhana yaitu orang yang ingin menikmati keripik pisang yang berkualitas harus datang jauh-jauh ke Lampung. Oleh sebab itu Zana mengemas produk keripik pisang yang dia dapat dari supplier berkualitas, tidak berhenti sampai disitu Zana juga menambahkan variasi rasa pada keripik pisang sehingga memiliki cita rasa tersendiri dan kemudian dikemas dalam bungkus yang sangat menarik. Zana adalah salah satu contoh kreatif bagaimana kita dapat mengembangkan usaha mikro tidak harus dari produk sendiri. Pengolahan kembali produk yang sudah ada dan menambahkan inovasi disana sini akan meningkatkan peluang untuk laku dipasaran.

  1. Bisnis dibidang kebutuhan sekunder

Tidak hanya kebutuhan dasar, anda juga dapat menekuni usaha mikro dibidang kebutuhan sekunder. Ide paling cocok bagi anda untuk memulai usaha adalah start from hobby.

Ide bisnis ukm

Image Source : Liputan6.com

Mulailah berusaha dari hal-hal yang anda sukai, misalnya anda menyukai bidang otomotif, sehingga akan lebih baik anda mulai bisnis anda dari menyediakan atribut-atribut yang cocok untuk para penggemar otomotif. Selalu update informasi dan kebutuhan apa yang sangat dicari oleh konsumen dan manfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan pelanggan. Itu adalah sebagian kecil ide bisnis UMKM, masih banyak ide bisnis lain yang dapat anda gali. Selamat mencoba.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda

Rating Post Review
  • Review This Post
5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
DMCA.com Protection Status Ⓒ 2015 - 2018 Herisetiabudi.com