Manajemen Resiko Keuangan dan Investasi Modal

Manajemen Resiko yang Baik dalam Investasi Modal

Ketika membicarakan mengenai investasi, aka nada banyak hal yang bisa dibicarakan. Dalam hal ini, keuntungan dan kerugian menjadi hal yang tentunya dibicarakan. Bukan sekedar dibicarakan, bahkan hal itu selalu menjadi pertimbangan utama. Tentunya orang yang melakukan investasi ingin bisa mendapatkan untung, dan tentunya juga berharap bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Itu adalah harapan dari orang-orang yang melakukan investasi, sayangnya hal itu tidak selalu bisa berhasil. Dalam hal ini, ada banyak faktor yang membuat investasi tidak selalu membawa keuntungan yang besar. Bahkan, dalam beberapa kasus, investasi yang disuntikkan tidak membawa keuntungan, tapi justru kerugian. Telah ada banyak contoh orang yang gagal dalam investasi karena mereka tidak sepenuhnya paham dengan konsep investasi dan mereka menginvestasikan dana mereka pada pihak yang salah. Dalam kondisi seperti ini, Manajemen resiko yang baik dalam investasi modal menjadi sesuatu yang patut dipahami agar kemungkinan-kemungkinan buruk, termasuk juga kerugian, bisa dihindarkan. Bukanlah perkara yang tidak mungkin untuk bisa mendapatkan keuntungan besar dari investasi ketika seseorang paham dengan risiko yang ada dan mampu mengatasi hal tersebut.

Managemen investasi saham

Dalam hal ini, orang barangkali beranggapan bahwa investasi itu seperti bisnis penggandaan uang. Orang yang berpegang pada konsep ini tentunya harus berhati-hati. Hal ini karena investasi tidak semata-mata bisnis yang akan selalu menggandakan uang yang sudah diinvestasikan. Walaupun bisa mendapatkan keuntungan yang besar, namun bisnis yang satu ini tidak sesederhana itu. Diperlukan proses yang cukup panjang untuk benar-benar mampu mendapatkan keuntungan dari investasi yang ditanam. Ini seperti proses seseorang yang sedang menanam pohon. Tidak ada pohon yang akan langsung berbuah ketika baru saja ditanam. Tentunya ada proses yang cukup lama. Perlu juga pengawasan dan perawatan untuk benar-benar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, orang yang berpikiran bahwa investasi bisa menggandakan uang dengan cepat perlu segera meralat konsepnya. Konsep yang salah ini bisa sangat menjerumuskan. Hal ini bisa semakin diperparah bila orang tersebut tidak memiliki Manajemen resiko yang baik dalam investasi modal yang baik. Bahkan, orang yang sudah sangat sukses dalam berinvestasi pun tetap harus memahami manajemen resika dan menjalani proses yang ada.

Dalam hal ini, memahami Manajemen resiko yang baik dalam investasi modal memanglah sangat penting. Salah satu yang perlu dikuasai dalam manajemen resiko investasi modal adalah memahami bahwa investasi tidak selalu berjalan seperti yang diharapkan. Ketika anda menginvestasikan modal, barangkali anda memiliki pikiran bahwa anda akan mendapatkan hasil dalam jumlah tertentu sebagai buah dari investasi anda. Padahal, investasi tidaklah sesederhana itu. Ini tidak sesederhana rumus perhitungan di mana anda menambahkan dua bilangan dan akan selalu didapatkan hasil yang pasti. Dalam hal ini,  investasi modal membutuhkan kemampuan seseorang untuk mampu membaca peluang yang ada. Perlu adanya pemahaman yang memadai mengenai investasi dan pihak yang akan menerima investasi tersebut. Dalam situasi ini, akan ada banyak peluang yang ada, dan perlu kecermatan dalam mengamati semua yang ditawarkan itu Pilihan yang salah bisa jadi berujung pada kerugian.

prinsip-prinsip investasi modal

Selain itu, Manajemen resiko yang baik dalam investasi modal juga memerlukan pikiran yang tenang. Dalam hal ini, orang dengan emosi yang labil akan sangat beresiko. Hal ini karena dalam memutuskan pilihan, nantinya anda dituntut untuk bisa berpikir secara tenang dan tidak semata digerakkan oleh emosi saja. Bila sekedar mengikuti emosi atau perasaan yang muncul, bisa jadi anda terjerumus dan menjatuhkan keputusan pada pilihan yang salah. Perlu pikiran yang tenang dan bijak untuk mampu membaca keadaan, serta mempertimbangkan resiko dan potensi keuntungan yang ada. Resiko dan keuntungan adalah dua sisi mata uang yang harus selalu diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik dan bijak. Untuk itu, baik emosi maupun pikiran haruslah sejalan

Artikel Rekomendasi Untuk Anda

Rating Post Review
  • Review This Post
5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
DMCA.com Protection Status Ⓒ 2015 - 2018 Herisetiabudi.com