Miliki Investasi Di Surat Hutang Jangka Panjang

Seputar Investasi Modal Di Surat Hutang Jangka Panjang.

            Investasi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk tabungan diwaktu-waktu mendatang yang belum atau tidak dapat diduga sebelumnya. Sebelum melakukan investasi biasanya di berikan ringkasan fakta dan pertimbangan-pertimbangan penting. Umumnya, waktu dan suku bunga berbanding lurus yaitu semakin panjang waktunya semakin tinggi bunga tetap yang diperolehnya.  Salah satu investasi yang digunakan adalah investasi modal di surat hutang jangka panjang atau yang lebih disebut dengan obligasi. YTM atau yield to maturity  adalah cara memprediksi keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Caranya yaitu menghitung tingkat bunga surat hutang yang dihubungkan dengan harga, dengan selisih harga  penjualan terhadap nilai pari, dengan sisaan tahun hingga jatuh tempo.

Investasi Modal Di Surat Hutang Jangka Pendek

            Harga-harga untuk investasi dipengaruhi oleh beberapa hal seperti tingkat kepastian pembayaran kembali atau kondisi ekonomi secara keseluruhan terutama pada tingkat inflasi yang mempengaruhi tingkat suku bunga bank, dan tingkat bunga dari perjanjian surat utang. Sebelumnya telah dijelaskan mengenai YTM sedangkan Yield itu sendiri merupakan hal-hal atau apa saja yang didapatkan oleh investor. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari melakukan investasi jenis ini, yaitu :

  1. Bunga yang ditawarkan dari Investasi modal di surat hutang jangka panjang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito.
  2. Keuntungan bukan hanya dari bunga tetap atau kupon namun keuntungan dapat diperoleh dari selisih harga beli dan jual atau capital gain.
  3. Walaupun diadakan tanggal jatuh tempo , namun dapat dilakukan jualbeli terhadap investasi tersebut.
  4. Tingkat bunga diberikan secara periodik.
  5. Bunga dapat berupa bunga tetap maupun bunga mengambang.

            Investasi modal di surat hutang jangka panjang merupakan investasi dengan modal awal misalnya lima milyar rupiah dengan masa berlaku yang ditentukan umumnya sekitar lima sampai sepuluh tahun.  Jika memilih suatu Investasi modal di surat hutang jangka panjang pilihlah selalu dari tingkat tertinggi, hal ini dapat  meminimalisir resiko kegagalan dalm membayar bunga atau pokok.

            Surat hutang jangka panjang ini merupan media investor untuk menginvestasikan uangnya dalam jangka panjang. Investasi modal di surat hutang jangka panjang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan nilai nominal atau nilai pari atau yang biasa disebut juga par value dan dalam jangka waktu yang panjang. Ada beberapa resiko dalam melakukan Investasi modal di surat hutang jangka panjang yaitu resiko inflasi, resiko suku bunga, dan resiko lainnya yang mengarah pada investasi kembali.

Investasi modal di surat hutang jangka panjang

            Resiko inflasi yaitu resiko jika tidak memperhatikan kondisi ekonomi dari waktu ke waktu dalam mengamati pergerakan laju inflasi. Jika hal ini terjadi akan mendapatkan dampak kehilangan daya beli dari bunga yang diterima. Resiko suku bunga, yaitu terjadi jika suku bunga naik. Semakin panjang tanggal jatuh tempo, semakin tinggi resiko suku bunga, karena fluktuasi suku bunga lebih tinggi dalam jangka panjang. Resiko investasi kembali yaitu resiko yang tidak dapat terjadi kembali seperti pertamakali melakukan investasi. Demikianlah mengenai investasi modal di surat hutang jangka panjang, jika ingin melakukan investasi lebih baik memilih berinvestasi yang memberikan penghasilan tetap secara periodik.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda

Rating Post Review
  • Review Post
5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
DMCA.com Protection Status Ⓒ 2015 - 2018 Herisetiabudi.com