Penjelasan Investasi Modal Surat Hutang Jangka Pendek

Tentang Investasi Modal Di Surat Hutang Jangka Pendek

            Jika ingin melakukan investasi terhadap uang melakukan investasi modal di surat hutang jangka pendek merupakan salah satu alternatifnya. Surat hutang sering dikenal dengan sebutan oblingasi. Beberapa orang mungkin lebih familiar dengan sebutan tersebut, walaupun jenis investasi ini menawarkan atau memberikan keuntungan yang rendah namun syarat yang diberikan dapat dikatakan fleksibel yaitu dimulai dari empat minggu sampai satu tahun. Investasi modal di surat hutang jangka pendek dirancang memang untuk tabungan atau kegiatan investasi dengan tujuan jangka waktu yang relative singkat atau pendek.

Investasi Modal Di Surat Hutang Jangka Pendek

            Investasi merupakan penanaman modal yang diharapkan dapat menghasilkan tambahan dana pada masa yang akan datang, dimana dilakukan komitmen menabung dalam periode tertentu dan mampu memenuhi kebutuhan investor dimasa yang akan datang dengan tiingkat inflasi yang terjadi, ketidakpastian kondisi ekonomi dimasa mendatang. Investasi dalam surat berharga yang pada dasarnya merupakan klaim atas aktiva riil yang diawasi oleh lembaga atau perorangan tertentu. Investasi ini dibagi menjadi investasi langsung dan tidak langsung. Secara langsung yaitu kepemilikan surat berharga secara langsung dalam perusahaan maupun instasi secara resmi keuntungan berupa deviden dan capital gain. Sedangkan investasi tidak langsung apabila suatu surat harga yang dimiliki perusahaan kembali oleh perusahaan investasi yang berfungsi sebagai perantara. Ada dua cara juga menginvestasikan modal yaitu dengan surat hutang panjang dan investasi modal di surat hutang jangka pendek.

            keuntungan yang didapat mengacu pada pendapatan investasi yang kaitannya dapat terlihat dengan investasi dalam hal keuangan yang berkaitan dengan surat-surat berharga. Investasi jangka panjang minimal lima tahun sedangkan dalam jangka waktu maksimal 1 tahun disebut jangka pendek. Ada beberapa hal dilakukan investasi yaitu memberikan hasil yang besar pada masa akan mendatang, dan mendapatkan pendapatan yang tetap.

Keuntungan Investasi modal di surat hutang jangka pendek adalah :

  • Jangka watu yang fleksibel memberikan manfaan pada investor sehingga investor dapat memiliki kesempatan untuk mengatur jangka investasinya, secara tidak langsung hal ini juga memperkecil resiko yang terjadi.
  • Tingkat bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan resiko yang didapatnya.
  • Resiko pasar yang dapat dikatakan lebih rendah.
  • Diversifikasi terhadap resiko.

Investasi Modal Di Surat Hutang Jangka Pendek

            Walaupun telah dijelaskann bahwa resiko dalam investasi ini rendah namun tak menutup kemungkinanan Investasi modal di surat hutang jangka pendek ini juga mengalami kerugian. Kerugian berupa haraga yang turun tidak seperti harga awal melakukan investasi. Namun walaupun begitu sebagai  manusia yang tidak mengetahiu bagaimana keadaan kede[pan, investasi merupakan hal yang sangat wajib dilakukan untuk kehidupan baik dimasa mendatang dan ketika melakukan investasi untuk tidak terlalu tergiur ketika harga sedang tinggi-tingginya, karena ada saat harga bunga akan jatuh dan jika tidak waspada akan mengalami kerugian.

Artikel Rekomendasi Untuk Anda

Rating Post Review
  • Review This Post
5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
DMCA.com Protection Status Ⓒ 2015 - 2018 Herisetiabudi.com