Tips Memulai Bisnis Kelontong Meskipun Modal Pas-pasan

Tips Memulai Bisnis Kelontong

Usaha toko kelontong merupakan sebuah usaha yang dapat menghasilkan banyak keuntungan serta mudah pengelolaannya. Toko kelontong merupakan sebuah toko yang menyediakan hampir seluruh keperluan dan kebutuhan hidup setiap hari.  Minat seseorang untuk memulai usaha toko kelontong salah satunya didasari oleh kesuksesan dari para pelaku usaha toko kelontong itu sendiri, apalagi melihat sebuah toko kelontong yang maju dan pesat serta ramai dikunjungi pengunjung. Faktor lainnya adalah karena sifatnya yang mudah dilakukan, seperti belanja yang tidak memerlukan restokis barang yang lama. Sebelum anda membuka bisnis toko kelontong amak aka nada baiknya jika anda memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

Pertama adalah lokasi untuk bisnis toko kelontong anda, bahkan dapat dikatakan bahwa lokasi merupakan faktor yang paling penting. Karena lokasi yang strategis dapat memepengaruhi penjualan produk. Lokasi strategis memiliki ciri antara lain berada dijalur jalan yang besar, kepadatan penduduk dilokasi tersebut, mudah dijangkau, dekat dengan pusat keramaian, masuk jalur distribusi dari distributor, dekat dengan agen grosir. Jika rumah anda sudah memiliki posisi yang strategis maka ini adalah nilai plus anda sehingga anda tidak perlu menyiapkan budget untuk mendirikan atau membeli toko sendiri. Jika dilingkungan anda sudah banyak toko kelontong maka lebih baik disarankan untuk mncari lokasi lain, jangan memaksakan berkompetisi.

Bisnis toko kelontong

Kedua adalah meyiapkan peralatan toko kelontong, setelah lokasi dan tempat sudah didapatkan, selanjutnya adalah menyiapkan peralatan toko kelontong seperti etalase, timbangan, rak, gallon, tabung gas elpiji, tempat beras, kalkulator, mesin pendingin, dan lain sebagainya. Jika semua sudah siap, maka selanjutnya aturlah posisi atau letak etalase, rak atau mesin pendingin agar terlihat rapih dan menarik. Jangan lupa untuk menyediakan kayu atau pipa panjang untuk memajang barang dengan cara digantung. Siapkan juga banner atau spanduk sebagai penanda sekaligus media promosi bisnis toko kelontong anda. Selain itu, spanduk atau banner juga berfungsi untuk melindungi barang dari debu dan sinar matahari langsung.

Kemudian yang ketiga atau terakhir adalah belanja barang atau produk yang akan dijual, setelah barang sudah didapatkan maka selanjutnya adalah menyusun dan mengisi toko kelontong anda. Langkah ini membutuhkan kejelian yaitu anda harus bisa menentukan barang-barang apa saja yang akan dibeli di agen, usahakan membeli di agen distributor yang besar agar mendapatkan harga yang lebih murah. Kemudian susunlah barang dagangan sesuai dengan kriterianya, agar memudahkan pembeli dalam memilih. Setelah ketiga langkah ini dilakukan yang harus anda lakukan selanjutnya adalah promosi dan buatlah inovasi promo pada bisnis toko kelontong anda untuk menarik perhatian

Artikel Rekomendasi Untuk Anda

Rating Post Review
  • Review This Post
5.0
User Rating 5 (1 vote)
Sending
DMCA.com Protection Status Ⓒ 2015 - 2018 Herisetiabudi.com