Tutorial dan Langkah membuat website

Monday, August 24th 2015. | Website

Tutorial dan Langkah membuat website

Berikut ini saya tulis secara singkat tentang langkah- langkah membuat website mulai dari nol. Disini saya tidak akan menjelaskan secara rinci tentang Bagaimana langkah belajar membuat website , Apalagi bagaimana optimasi website. Saya hanya akan menyampaikan beberapa poin penting saja dalam membuat website, Berikut adalah beberapa poin tersebut.

  1. Langkah membuat website yang pertama Adalah menentukan Nama website atau yang biasa lebih dikenal dengan nama domain, pada langkah pertama ini anda harus betul-betul mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum memilih nama website. Jika website yang sedang ingin anda buat adalah website toko online, maka sebaiknya anda membaca artikel tentang “Tips Memilih Nama toko online” pada tulisan sebelumnya. Dan jika website yang ingin anda buat adalah website bisnis selain toko online maka sebetulnya pada prinsip pemilihan Nama website adalah sama yaitu: Relevan dengan bisnis anda tersebut, lalu selain relevan selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan dalam membuat website adalah: Pilihlah nama website yang mudah diingat dan cukup singkat. Pilihlan juga akhiran domain atau extention domain Dot com (.Com) Kenapa perlu .com ? Alasannya adalah karena orang pada umumnya lebih mengenal .com dibanding akhiran domain yang lain. Kemudian selain itu, pada langkah membuat website yang pertama ini anda juga harus mempertimbangkan dimana domain anda tersebut akan di daftarkan ? Pilihlah tempat register domain yang sudah bisa dipercara dan berpengalaman, Anda mungkin bisa cari informasi tentang hal ini lebih lengkap melalui Google. Itulah langkah pertama dalam membuat website, cukup singkat bukan ?
  2. Langkah membuat website yang kedua adalah: Menyewa hosting. pada langkah membuat website yang kedua ini Faktor yang paling penting untuk anda pertimbangkan adalah: Dalam memilih jasa penyedia layanan hosting yang handal, Pastikan anda memiliki akses penuh ke cpanel hosting yang anda sewa tersebut, biasanya para netters Indonesia memilih Sewa hosting yang berada diluar negeri, maksudnya memilih perusahaan luar untuk menyewa share hosting. Pertimbangkan juga faktor layanan, customer service harus mudah dihubungi sehingga jika terjadi kesulitan atau trouble pada layanan hosting yang anda gunakan maka akan lebih mudah untuk mengatasinya. Hal ini bagi saya yang paling penting, karena pernah saya menggunakan sewa hosting dari perusahaan indonesia dan terjadi kesulitan, saya pun perlu untuk berkonsultasi dengan pihak mereka, namun karena costumer carenya tidak bisa dihubungi akhirnya masalah berlarut begitu lama. Memilih hosting pada langkah membaut webste memang perlu SANGAT teliti. Oh, iya hampir lupa, ada hal penting yang juga harus anda tanyakan sebelum memutuskan mengambil paket hosting, Anda perlu menanyakan kapasitas penyimpanan, lalu berapa jumalah add on domain yang tersedia, kemudian apakah menggunakan akses Cpanel atau Spanel ? Saran saya, pilihlah yang menggunakan akses Cpanel karena pada umumnya orang menggunakan itu.
  3. Langkah membuat website yang ketiga adalah: Setelah anda resmi memiliki akses ke domain dan hosting maka langkah selanjutnya adalah Setting konfigurasi domain anda melalui accont domain yang sudah anda dapatkan, lalu setting NS (name server) ke hosting yang sudah anda sewa tersebut. Jika konfigurasi sudah benar, maka sebagai langkah membaut website yang terakhir adalah anda harus menginstall Script website yang anda inginkan, kalau saya pribadi lebih familiar dengan WP maka yang akan saya install di cpanel adalah WordPress atau WP. Samapai tahap instalasi maka website sudah bisa dikatakan jadi dan siap diakses, tinggal merapihkan desain website serta mengisi konten yang ingin anda tulis disana.

Itulah Sepintas dan sangat singkat langkah membuat website yang bisa saya sampaikan, dan mohon maaf apabila tutorial langkah membuat website ini tidak dilengkapi dengan gambar petunjuk. Akhirnya Saya pamit dulu untuk melanjutkan nyruput kopi.. hehee…

Saya akan Bagikan Info Bisnis Pada Anda, Mau ?

Dapatkan info Tentang Bisnis Secara GRATIS lansung dikirim Ke Email Anda, Isi Data Dengan Benar.



Rating Post
  • Vote Rating - 100%
    100%
User Rating 5 (1 vote)
Sending
tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,